Sunday, May 27, 2012

Kamus Bahasa Indonesia Dalam Jaringan


            Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kamus resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku.  KBBI terbit pertama 28 Oktober 1988 saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia. Sejak itu kamus tersebut telah menjadi sumber rujukan yang dipercaya baik di kalangan pengguna di dalam maupun di luar negeri.             Setiap ada permasalahan tentang kata, KBBI selalu dianggap sebagai jalan keluar penyelesaiannya. Selain muatan isi, KBBI memang disusun tidak sekadar sebagai sumber rujukan, tetapi menjadi sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Oleh karena itu, rujukan tersebut kemudian semakin mengakar di dalam kehidupan berbahasa Indonesia walaupun upaya penyempurnaan isi tidak selamanya mengimbangi perkembangan kosakata bahasa Indonesia.


            Edisi terakhir –yang merupakan edisi keempat– mulai dicetak  dan diterbitkan tahun 2008. Dibandingkan dengan kamus yang terbit sebelumnya, edisi IV telah mengalami penyempurnaan definisi atau penjelasan lema/sublemanya, penambahan makna (akibat perkembangan pemakaian bahasa), perbaikan penulisan latin untuk nama tumbuhan dan
hewan, serta perubahan urutan susunan sublema. Semua itu dilakukan atas dasar masukan dari para pengguna kamus, baik melalui surat, pos-el, telepon, surat kabar/majalah maupun melalui forum atau pertemuan ilmiah.
            Sublema yang merupakan derivasi dari lema pokok disusun berdasarkan paradigma pembentukan kata, tidak lagi diurutkan berdasarkan abjad.
            Dari segi isinya, kamus ini diperkaya istilah bidang ilmu fisika, kimia, matematika, dan biologi yang sudah sangat lazim digunakan. Definisi kata-kata itu diambil dari kamus istilah bidang ilmu yang dikembangkan oleh para pakar bersama Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Dengan memasukkan istilah-istilah itu, kamus ini dapat menjadi rujukan awal yang dapat digunakan oleh pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum untuk memahami konsep-konsep dasar keilmuan itu. Dengan demikian, sumbangan kamus ini bagi upaya pencerdasan bangsa akan lebih dapat dirasakan.


KBBI Dalam Jaringan

            KBBI Daring (dalam jaringan) ialah KBBI yang bisa kita gunakan/akses secara online (di internet), yang website resminya bisa kita kunjungi di Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. KBBI Daring  ini merupakan upaya penyediaan kemudahan akses terhadap Kamus Besar Bahasa Indonesia di mana pun, kapan pun, dan siapa pun selama dapat memanfaatkan jaringan teknologi informasi dan komunikasi.
            Pangkalan data KBBI Daring diambil dari KBBI edisi III. Tampilan antarmuka KBBI Daring sengaja didesain dalam bentuk sederhana agar pengguna tidak menemukan kesulitan dalam penggunaan kamus ini.

            Selain dari website Pusat Bahasa, upaya pemutakhiran juga datang dari berbagai kalangan (independen) yang memiliki concern cukup besar dalam pengembangan KBBI Daring. Salah satunya –yang merupakan kreasi dari ebsoft – bisa kita akses di kbbi.web.id.


            Database KBBI Daring dari ebsoft ini tetap mengacu pada KBBI Daring Edisi III, sehingga isi (kata dan arti) merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa). KBBI Daring ini memberikan fitur pencarian kata dasar(lema) maupun kata turunan (sublema) dengan penggunaan yang mudah. Beberapa pengembangan KBBI Daring ini antara lain:
·         Pencarian satu kata atau banyak kata sekaligus
·         Tampilan yang sederhana dan ringan untuk kemudahan penggunaan
·         Proses pengambilan data yang cepat, pengguna tidak perlu me-load ulang window atau website untuk mencari kata berikutnya
·         Arti kata ditampilkan dengan pewarnaan yang memudahkan mencari lema maupun sub lema. Berikut beberapa penjelasannya:
·         Menampilkan hasil baik yang ada di dalam kata dasar maupun turunan, dan arti atau definisi akan ditampilkan tanpa harus me-load ulang data dari server.


Kamus offline

            Selain dalam bentuk online, sebelumnya, ebsoft juga sudah terlebih dahulu merilis KBBI Daring versi offline. Dengan begitu kita dapat menggunakan KBBI Daring kapanpun di manapun tanpa harus terhubung ke internet. Selengkapnya silakan kunjungi ebsoft–KBBI offline atau langsung unduh gratis berkas aplikasinya di;

·         KBBI Offline 1.3 (DropBox)
·         KBBI Offline 1.3 (Mediafire)
·         KBBI Offline 1.3 (Box.net)
·         KBBI Offline 1.3 (4shared.com)

          
Bagi yang lebih suka dalam bentuk e-book, Anda juga bisa gunakan KBBI dalam format pdf yang bisa Anda dapatkan di  Kamus Besar Tesaurus Bahasa Indonesia.pdf Atau unduh langsung di KBBI.pdf (ziddu).

            KBBI Daring Offline dan KBBI.pdf juga bisa Anda unduh langsung dalam satu berkas di docs.google/open?id/kbbi



Widget Kamus Bahasa Indonesia

            Bagi Anda yang memiliki website ataupun blog, Anda juga bisa memasang Kamus Bahasa Indonesia dalam website/blog Anda sendiri. Dengan demikian, pengunjung dapat menggunakan pencarian definisi kata selayaknya KBBI Daring langsung dari website Anda tersebut. (tampilan standarnya seperti yang bisa Anda lihat di bilah samping blog ini).
            Untuk memasangnya, silakan kunjungi Pasang Widget Kamus Bahasa Indonesia atau bisa dengan copy-paste code html berikut ini ke setting gadget website/blog Anda:

<iframe src="http://kamusbahasaindonesia.org/widget.php" width="200" height="350" scrolling="auto" frameborder="0"></iframe> <br /><a href="http://kamusbahasaindonesia.org">Kamus Besar Bahasa Indonesia</a>

            Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan dasar dalam penggunaan bahasa Indonesia. Dengan semakin meluasnya kamus bahasa dalam jaringan, kita harapkan akan semakin mempermudah kita dalam penggunaan dan pengembangan Bahasa Indonesia yang baku, baik dan benar.

No comments:

Post a Comment